News

MENYANDANG BLUE RANSEL KE KRAGILAN

Oleh: Poetry Ann

 

 

Blue Ransel adalah salah satu dari sembilan buku yang diterbitkan pada event Rumah Budaya Nusantara yang diselenggarakan Rumah Dunia pada 8-10 November 2013 lalu.

Buku yang memuat 26 cerpen bertema perjalanan yang ditulis oleh 26 penulis muda Banten ini memang sudah jauh hari direncanakan untuk Roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di seputaran Banten. Dan Roadshow pertama diadakan di SMKN 1 Kragilan yang baru saja diselenggarakan pada Sabtu, 11 Januari 2014 lalu.

SMKN 1 Kragilan dipilih karena dua penulis yang cerpennya tergabung dalam buku Blue Ransel, yaitu Isela dan Yasmin Annur, merupakan guru dari sekolah tersebut.

 

Awalnya

Read more ...

Kelas Menulis Angkatan ke-23 Dimulai!

Oleh: Yehan Minara

 

Rumah Dunia kembali membuka kelas menulis yang saat ini sudah sampai pada Kelas Menulis angkatan ke-23. Di bukanya kembali kelas menulis Rumah Dunia ini seiring telah berakhirnya masa belajar kelas menulis angkatan sebelumnya, yaitu angkatan 22. Ini juga di lakukan oleh Rumah Dunia untuk melanjutkan regenerasi bagi kaum muda  Banten di bidang literasi.

 

Sekitar 50 peserta lebih dengan antusias mengikuti pertemuan pertama Kelas Menulis angkatan ke-23 pada Minggu, 12 Januari 2014 lalu. Mereka terdiri dari banyak

Read more ...

Bahasa Jerman di Rumah Dunia

Oleh: Poetry Ann

 

Bahasa menjadi faktor penting dalam kegiatan berkomunikasi. Kemampuan menguasai lebih banyak bahasa akan semakin memudahkan kita untuk memahami apa yang kita dengar dan baca. Karena itu, menyadari akan pentingnya bahasa, Rumah Dunia tidak hanya menghadirkan kelas menulis saja, tapi juga Kelas Bahasa Jerman yang akan rutin diadakan setiap Minggu, pukul 12.30-13.30. Kelas Bahasa Jerman ini ditutori langsung oleh Presiden Rumah Dunia, Ibnu Adam Aviciena.

"Jika kalian sudah menguasai B. Inggris, kalian hanya perlu satu langkah lagi untuk menguasai B. Jerman. Jika sudah menguasai B. Jerman, hanya perlu

Read more ...

Belajar dari Durian, Yoyo dan Bambu

Oleh: Poetry Ann

 

“Kita tidak pernah tahu kapan kesuksesan akan datang,” ujar Pak Mukhlis Yusuf (mantan Direktur utama LKBN ANTARA [2007-2012]) pada acara bincang santai di acara Open House yang sengaja diadakan oleh Rumah Dunia pada Minggu, 11 Agustus, sebagai ajang silaturahim setelah perayaan Idul Fitri 1434 H kemarin.

 

Sebenarnya, selama seharian itu ada tiga kegiatan yang saya dan kawan-kawan RD nikmati bersama dalam suasana penuh kekeluargaan. Pertama, tepat pada jam makan siang, kita makan bersama alias gonjlengan. Kegitan kedua, setelah selesai gonjlengan dan salat duhur, kami bincang santai bersama Pak Mukhlis Yusuf. Kegiatan ketiga berlangsung sekitar pukul 16.00, yaitu diskusi dan baca puisi “Penyair Midas” Karya Nanang Suryadi. Dari ketiga kegiatan tersebut, banyak sekali hal

Read more ...

Copyright © 2017 Rumah Dunia. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.