News

Bahasa Jerman di Rumah Dunia

Oleh: Poetry Ann

 

Bahasa menjadi faktor penting dalam kegiatan berkomunikasi. Kemampuan menguasai lebih banyak bahasa akan semakin memudahkan kita untuk memahami apa yang kita dengar dan baca. Karena itu, menyadari akan pentingnya bahasa, Rumah Dunia tidak hanya menghadirkan kelas menulis saja, tapi juga Kelas Bahasa Jerman yang akan rutin diadakan setiap Minggu, pukul 12.30-13.30. Kelas Bahasa Jerman ini ditutori langsung oleh Presiden Rumah Dunia, Ibnu Adam Aviciena.

"Jika kalian sudah menguasai B. Inggris, kalian hanya perlu satu langkah lagi untuk menguasai B. Jerman. Jika sudah menguasai B. Jerman, hanya perlu

selangkah lagi untuk menguasai B. Belanda," tutur Ibnu di sela-sela penjelasannya saat pembukaan perdana Kelas B. Jerman pada Minggu, 12 Januari 2014 kemarin.

 

Menurutnya, B. Jerman bahkan lebih mudah dipelajari dibanding dengan B. Inggris karena pronunciation-nya tak berbeda jauh dengan B. Indonesia. Begitupun pelafalan alfabetnya. Seperti huruf A tetap dibaca A, bukan' "ei" seperti dalam B. Inggris. Hanya ada beberapa huruf yang memang dibaca sedikit berbeda. Yaitu J dibaca yots, Q dibaca qu, V dibaca vau, dan y dibaca upsilon. Selebihnya dibaca sama.

Ibnu membuka Kelas Bahasa Jerman ini hanya untuk 15 peserta. Itu pun dengan syarat, peserta yang mengikuti Kelas B. Jerman ini diwajibkan hadir dalam setiap pertemuan. Artinya, peserta yang sudah mendaftarkan dirinya dalam Kelas B. Jerman ini tidak diperkenankan absen satu pertemuan pun. Buku yang digunakan sebagai pegangan untuk belajar B. Jerman ini adalah buku Routledge Intensive German Course tulisan Paul Hartley.

 


Penulis adalah alumni Kelas Menulis Rumah Dunia angkatan 19.

Foto: Koleksi Firman Venayaksa.

Copyright © 2017 Rumah Dunia. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.