News

Kelas Menulis Angkatan ke-23 Dimulai!

Oleh: Yehan Minara

 

Rumah Dunia kembali membuka kelas menulis yang saat ini sudah sampai pada Kelas Menulis angkatan ke-23. Di bukanya kembali kelas menulis Rumah Dunia ini seiring telah berakhirnya masa belajar kelas menulis angkatan sebelumnya, yaitu angkatan 22. Ini juga di lakukan oleh Rumah Dunia untuk melanjutkan regenerasi bagi kaum muda  Banten di bidang literasi.

 

Sekitar 50 peserta lebih dengan antusias mengikuti pertemuan pertama Kelas Menulis angkatan ke-23 pada Minggu, 12 Januari 2014 lalu. Mereka terdiri dari banyak

kalangan. Diantaranya, ada karyawan, mahasiswa, siswa SMA dan umum. Untuk kalangan mahasiswa di dominasi dari universitas IAIN dan UNTIRTA.

 

Seperti yang telah di sampaikan pada kelas menulis sebelumnya. Pada minggu-minggu awal dan selanjutnya, dalam hal ini pendiri Rumah Dunia, juga relawanan, akan memberikan pelatihan menulis setiap minggunya dalam jangka waktu enam bulan. Materi yang di sampaikan selama mengikuti kelas menulis yaitu berupa pelatihan jurnalistik dan fiksi (cerpen dan novel). Dengan pemateri yang sudah berkompeten di bidangnya, seperti Gol  A Gong, Firman Venayaksa, Ibnu Adam Aviciena, Hilal Ahmad, dan pemateri lain yang sudah menerbitkan buku.

Motivasi menulis dari peserta macam-macam. Seperti yang di sampaikan oleh Intan. Peserta asal Bandung ini mengaku senang bisa mengikuti kelas menulis. Menurutnya, ini adalah kesempatannya untuk bisa fokus menulis dan memperbaiki tulisannya agar lebih baik dan lebih enak ketika tulisannya dibaca orang lain.

Ketika ditanya mengapa memilih Rumah Dunia, padahal jarak Bandung dan Banten itu jauh, Intan bercerita bahwa ia sempat mengikuti beberapa pertemuan menulis di Bandung, beberapa kali juga ikut workshop menulis, tapi efeknya belum terasa. Sejak mengikuti Travel Writing  yang diadakan Rumah Dunia pada Feb 2013 lalu, ia berpikir mungkin ia bisa belajar lebih banyak di Rumah Dunia. Selain itu, Intan juga mengatakan bahwa Rumah Dunia sumber ilmunya banyak. Maka ketika Rumah Dunia membuka Kelas Menulis angkatan ke-23, tanpa banyak pertimbangan Intan langsung memutuskan untuk daftar dan mengikuti kegiatan tersebut.

Ada juga peserta dari angkatan sebelumnya yang ikut kembali dalam Kelas Menulis angkatan ke-23 ini, yaitu Anton. Ia mengatakan, meskipun kegiatan belajar sudah selesai, keinginan untuk menulis selalu ada. Bergabung kembali dengan angkatan 23 tentu akan menemukan pengalaman tersendiri baginya. Ia jadi memiliki kenalan dan semangat baru. Ia mengaku senang meskipun agak sedikit malu. Baginya, Rumah Dunia adalah tempat yang paing nyantai untuk belajar. Dan ia  merasa enjoy dengan adanya Rumah Dunia berikut kelas menulisnya.

Pertemuan pertama Kelas Menulis diakhiri dengan memilih ketua kelas dan membuat kelompok belajar, dimana kelompok tersebut dibagi menjadi dua. Yaitu, kelompok puisi dan cerpen. Peserta dibebaskan untuk memilih. Hal ini dilakukan demi melihat di mana kemampuan setiap peserta dalam menulis. Mereka yang sudah memilih kelompoknya di tugaskan untuk membuat puisi dan juga cerpen yang akan dibedah pada kegiatan minggu mendatang di Rumah Dunia dalam acara Puisi Menolak Korupsi.

 

 


Penulis adalah alumni Kelas Menulis Rumah Dunia angkatan 19 sekaligus angkatan 22.

Foto: Koleksi Firman Vinayaksa.

 

Copyright © 2017 Rumah Dunia. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.