News

[Hot News] FORUM KESENIAN BANTEN BANGKIT!

 Oleh Gola Gong*)


Pada Sabtu, 22 Januari 2004 lalu, bertempat di Wisma PKPN, Rawu, Serang, Forum Kesenian Banten (FKB) menggelar acara "FKB, Yuk Akur Yuk". Dihadiri oleh komunitas-komunitas seperti Rumah Dunia, Ssanggar Sastra Serang, Cafe Ide Untirta, Gesbica IAIN, Kuku Semara, Sangkakala, Minuit, Lampu Kegelapan, Teater 66, Tanah Liat, dan Komunitas Kebon Nanas, sepakat membentuk kepengurusan baru periode 2005 - 2007.


***

Wan Anwar, selaku pemimpin sidang, mencoba mengatasi silang-sengketa tentang pergantian nama serta bentuk organisasi. Gola Gong menginginkan substansinya boleh forum, tapi namanya tidak mesti membawa embel-embel 'forum".

"Alasan saya lebih pada pencitraan, agar forum ini bisa sedikit bergaya dan dapat menembus batas-batas wilayah," kata Gong, Ketua Komunita Rumah Dunia. Tapi Wowok Hesti Prabowo tetap bersikukuh, bahwa nama Forum Kesenian Banten sudah besar dan familiar. Beberapa peserta ada yang pro dan kontra, sehingga Wan Anwar memutuskan untuk melakukan voting. Sedangkan Toto ST Radik tidak mempedulikan soal nama. "Yang terpenting adalah kinerja kepengurusan baru kedepannya," kata Toto.

Saat voting berlangsung, ternyata peserta yang menginginkan nama "Forum Kesenian Banten" dilestarikan tetap kuat. Gong pun bisa menerima.

***

Tiba pada struktur organisasi, beberapa nama muncul. Indra Kusumah, Ketua FKB yang demisioner dan mneyatakan mundur, menyatakan ketidaksediaannya dipilih nkembali. "Saya ingin konsentrasi berkarya dan dipekerjaan. Saya nggak mampu," kata Indra, redaktur budaya Fajar Banten.

Asep GP (mantan ketua FKB pertamma), Ruby A. Bhaedowy (mantan ketua FKB kedua), bersaing dengan nama-nama baru seperti Wan Anwar, Piter, dan Arif Senjaya. Para peserta akhirnya sepakat memilih Asep GP sebagai Ketua FKB periode 2005 - 2007. Sekretaris dipegang Ruby, dan bendahara Nazla Thoyib Amir.

"Asep itu enerjinya besar," kata Ibnu PS, perwakilan dari Komunitas Lampu Kegelapan. para peserta berharap, Asep bisa menghidupkan lagi kegiatan berkesenian, yang dulu pernah terjadi setiap bulan. Juga terus mendesak Pemerintah Provinsi Banen, agar secepatnya mewujudkan gedung kesnian di Banten. Semoga kali ini FKB betul-betul bangkit! (*)

***

Copyright © 2017 Rumah Dunia. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.