News

Suatu Pagi di Alun-alun kotaku

Seri Alun-alun Kota Serang (1)

Oleh Gol A Gong

Saya mengawali hari Senin, 1 April 2013 ini dengan mengantar kedua anak sekolah ke SD Peradaban Serang. Tapi, di alun-alun kota Serang, saya tergoda jogging, karena melihat suasananya yang asri dan tak ada pedagang. Alun-alun kota Serang dipugar memakan biaya Rp. 10 milyar dari APBD Banten. Resmi digunakan warga awal Februari 2013. Kedua anak saya mengijinkan. Istri saya Tias Tatanka juga ikut.

Read more ...

Sejarah (Awal) Rumah Dunia

Oleh Gol A Gong

Setelah saya harus menutup Tabloid Banten Pos (1993), karena dianggap meresahkan masyarakat Serang dan Kapolres Serang - dengan cara meletakkan pistol di meja kerjanya -  meminta saya untuk menutupnya atau kalau tidak saya akan diproses secara kedinasan, saya memilih pergi ke Bandung. Tapi di dalam hati saya berkata ibarat Jendral M Arthur, "I'll return..." Saya akan kembali ke Banten. Kemudian Saya bekerja sebagai wartawan Tabloid Karina (Kartini Group, 1994 - 1995) di Bandung, bersama  Maulana Wahid Fauzi  (Si Uzi, redaktur artistik Banten Pos).

Read more ...

ODE KAMPUNG #3 "TEMU KOMUNITAS LITERASI SE-INDONESIA"

19 Agustus 2008 - 03:00

ODE KAMPUNG #3
TEMU KOMUNITAS LITERASI SE-INDONESIA
“DUKUNG GERAKAN KOMUNITAS LITERASI LOKAL”
DI RUMAH DUNIA-BANTEN, 7-10 NOVEMBER 2008


Setelah Ode Kampung #1 dilaksanakan pada bulan Februari 2006 dengan tema “Temu Sastrawan se-Indonesia, dan Ode Kampung #2 pada bulan Juli 2007 dengan tema “Temu Komunitas Sastra se-Indonesia” yang cukup menghebohkan konstelasi kesusastraan Indonesia, kini Rumah Dunia kembali menyelenggarakan hajat tahunan ini. Namun Ode Kampung #3 yang akan dilaksanakan pada 7-10 November 2008 ini lebih memfokuskan pada kegiatan literasi di Indonesia.

Read more ...

Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Kesenian di Rumah Dunia

 

 

Kampungku bernama Ciloang. Setiap hari selalu saja ada kabar menarik dari Rumah Dunia. Ini akan selalu kukabarkan kpada siapa saja yang bersimpati dengan gerakan literasi lokal untuk Indonesia di Komunitas Literasi Rumah Dunia.

Read more ...

Copyright © 2017 Rumah Dunia. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.