News

Peramal Masa Depan

Oleh Anna Lestari


Judul Buku : Kepada Para Pangeran
Penulis : Toto ST Radik
Penerbit : Gong Publishing
Tebal : 98 halaman


Puisi, bagi sebagian orang, barangkali hanya dianggap sebagai media ekspresi semata. Namun ternyata lebih dari itu, puisi justru bisa jadi hal yang sangat magis. Puisi bisa berisi ramalan masa depan karena diproses dari pemikiran penyairnya yang tidak hanya berdasarkan kegelisahan masa lalu dan masa kini, tetapi juga pada prediksi atau hipotesa terhadap masa depan. Hal ini mungkin tidak pernah disadari sebelumnya karena katakata hanya bertuah bila itu terjadi dan dijadikan perbincangan dijadikan tanda. (Toto ST Radik, Mencari dan Kehilangan, LiST, 1996)

Read more ...

Mother Bukan Monster

Oleh Jang RuDun

Penulis: Anisa Widiyarti, Indah IP, Linda Nurhayati, Diah Arie Setiawati, Haya Aliya Zaki, Amalia Husna, Jazimah al-Muhyi, Nunung Yuni Anggraini, Dewi Ulfah, Aney Maysarah, Yuniar Khairani, Triani Retno A, Nataya Charoonsri Rizani, Dian Onasis, Nunik Utami Penerbit: Glitzy Book Publishing, imprint Gramedia Pustaka Utama, Juli 2011.

Read more ...

Revolusi Anti Serius (Refleksi Atas Pertunjukan Monolog Jenderal Markus)

 

Oleh Abdul Salam Hs

 

Suara tawa berselancar dalam gelap. Tidak lama waktu berselang tiba-tiba seorang laki-laki berkostum ala Jenderal, berambut panjang memutih diikat ke belakang. Laki-laki itu, menamakan diri Jenderal Markus. “Akulah Jenderal Markus.”

Laki-laki itu menuju kursi kecil dan duduk di sana. Mulutnya, berbicara tentang dirinya, tentang Jenderal Markus yang begitu tertindas, yang begitu tak dihargai sebagai seorang Jenderal. Sekarang, laki-laki itu menangis di tempat duduknya dengan keras-keras. Setelah mendapat kabar bahwa jika dia tidak mau menandatangani sebuah perjanjian, anak dan istrinya akan dibunuh.

Read more ...

JANGAN RENDAHKAN BUKU

Oleh Muhzen Den

 

Semua orang tahu bahwa buku adalah jendela dunia. Dari buku kita bisa melihat dunia meskipun belum pernah keliling dunia. Buku adalah sumber ilmu. Istilah lainnya, buku adalah guru paling dekat. Di saat rutinitas formal membatasi gerak-gerik kita dalam belajar. Buku adalah teman tidur sekaligus guru pribadi yang cocok untuk dipelajari. Dari buku, semua sumber informasi kita dapatkan. Dengan menggauli buku kita bisa terlihat lebih pintar dari orang-orang biasa, karena segala informasi di dalam otak kita tak pernah surut untuk digali. Namun, saat ini ada yang ganjil dari benda berisi teks bacaan tersebut. Semua masyarakat mulai mewanti-wanti keberadaannya. Ya, buku mulai menjadi teror yang menakutkan.

Read more ...

Copyright © 2017 Rumah Dunia. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.